Analisis contoh Tangible dan Intangible


Tangible dan intangible

 

Tangible adalah yang termasuk dalam golongan menurut keberadaan fisik dimana pada tangible bisa diartikan sebagai yang bisa dihitung dan dilihat langsung dengan secara fisik maksudnya berupa melihat, menyentuh, meraba dan lain sebagainya. Contoh-contoh pada tangible atau dinamakan sebagai berwujud adalah rumah berupa bangunan yang bisa disentuh, jalan raya juga jadi karena berwujud, peralatan kantor dan lainnya  Dan warna merujuk pada spektrum cahaya yang terlihat yang muncul dari objek atau benda fisik. Objek-objek memiliki warna berdasarkan bagaimana mereka memantulkan atau menyerap cahaya. 

 

 Sedangkan, Intangible adalah yang sejenis juga dengan tangible yaitu digolongkan menurut keberadaan fisik juga. Kalau untuk Tangible adalah yang bisa dilihat secara langsung. Maka, untuk Intangible sendiri adalah yang tidak berwujud dan beda dengan Tangible. Jadi, Intangible adalah kebalikan dari Tangible yang bisa diartikan sebagai yang tidak bisa dihitung maupun dilihat langsung secara fisik. Contoh Intangible atau aset tak berwujud adalah: Hak cipta, Hak sewa dan lain sebagianya. Dalam konteks intangible, warna merujuk pada konsep abstrak yang sering digunakan dalam desain grafis, branding, atau seni digital. Warna dalam hal ini bukan benda fisik yang bisa disentuh, tetapi lebih merupakan representasi mental atau ide tentang warna.

 

 LOGO HONDA MOTOR  



Pada Logo sayap Honda yang berasal dari Dewi Yunani, Soichiro Honda mendesain sendiri logo untuk sepeda motor ia teringat pada Dewi Nike, seorang Dewi dalam Mitologi Yunani Kuno. Dewi Nike merupakan Dewi Kemenangan. Ia memiliki sepasang sayap besar di punggungnya. Berdasarkan pada cerita tersebut hal ini masuk ke dalam intangible. Bagi Kita yang sudah mengetahui melihat gambar logo tersebut adalah sayap dewi nike tetapi setiap orang bisa saja akan memberikan presepsi yang berbeda, hingga logo ini masuk dalam bentuk contoh intangible. Dalam penggunaan Warna merah pada logo melambangkan semangat dan keberanian dan warna putihmelambangkan kebersihan danintegritas. 


  LOGO AYAM MBO KENCUR  


Pada logo Ayam Mbo Kencur memberikan visual seorang perempuan membawa makanan memberikan kesan kenyamanan terhadap pembeli yang makan ditempat logo ayam mbo kencur ini termasuk dalam bentuk contoh intangible pada logo ini memberikan hijau pada baju nya yang memberikan kesan tradisional dan perpaduan warna nya dengan merah dan putih yang menggambarkan kenyamanan.


 PACKAGING MAKANAN CHRISTINE HAKIM 



Pada packaging makanan Christine hakim ini dikategorikan sebagai tangible karena dari packaging nya dapat kita lihat dan rasakan dengan jelas yang terdapat penulisan variasi dan komposisi nya dan terdapat juga penulisan judul yang besar dan memberikan visual rumah adat padang yang jelas memberikan informasi bahwa makanan tersebut dari Sumatra barat pada packaging Christine hakim ini memberikan perpaduan warna merah yaitu memberikan arti warna kebranian dan identik dengan Sumatra barat.


 PAPAN IKLAN ROKOK

  

 

Pada iklan rokok tersebut masuk kedalam intangible pada visual iklan ini dapat kita lihat tulisan hidup lo adalah konten gue yang memaknai bahwa rokok dapat memberikan iklan yang bebas walaupun jelas di iklan tersebut menjelaskan juga bagaimana berbahayanya merokok dalam pemilihan warna iklan tersebut yaitu putih.

 

 LOGO BASKIN ROBINS



Pada logo baskin robins ini masuk kedalam intangible Baskin-Robbins memiliki visual yang berbentuk huruf B dan R yang memiliki arti Bagian yang berwarna pink dalam logo Baskin-Robbins bertuliskan angka 31. Ternyata angka 31 merupakan jumlah rasa es krim yang ditawarkan kepada pelanggan pada saat awal berdirinya perusahaan ini. Jadi, pelanggan bisa merasakan rasa es krim yang berbeda setiap harinya. warna yang dipilih Baskin Robbins dalam logonya yaitu merah muda dan biru. Warna biru diartikan memberikan kesan agar pelanggan percaya terhadap kualitas, rasa dan pelayanan terhadap produk tersebut. Selain itu warna biru di dalam logo Baskin Robbins juga membuat pelanggan merasa bisa mengandalkan rasa yang lezat dari produk Baskin Robbins. Warna merah muda sendiri memiliki filosofi keseimbangan, kreatif, imajinatif, dan menyenangkan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Miss persepsi Iklan MIlo

Presepsi Sosial " Visual Logo mariana house " Ayu Yusnaeni

sensasi dan Presepsi Kakak dan Adik karya Basoeki Abdullah